Kamis, 18 September 2014

Skripsi atau Undergraduate Thesis

Skripsi itu adalah perjuangan menulis yang benar-benar harus baku dan super duper teliti. Selain itu harus didukung oleh teori dan penelitian yang terdahulu untuk memperkuat teori yang digunakan. Menurut wikipedia, Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Jadi, setiap Universitas memiliki kaidah yang berbeda-berda yang setiap Mahasiswa harus mengikutinya. 
Secara umum skripsi itu dilaksanakan di semester delapan dan biasanya mengandung beberapa  kandungan (emangnya obat hehehe), seperti gambar di bawah ini :
Sebenarnya skripsi itu akan mudah dilaksanakan jika telah diketahui permasalahan dan solusinya. jika sudah demikian, perbanyaklah bimbingan ke dosen pembimbing agar solusi yang didapat itu dapat dikembangkan dari berbagai sudut, baik judul, bab 1 dan seterusnya. Karena pembimbing itu, meskipun sedikit menyulitkan tetapi sebenarnya beliau-beliau menginginkan selalu banyak membaca-dan-membaca. Agar nanti ketika sudah sidang skripsi, pertanyaan yang diajukan penguji dapat dijawab, setidaknya begitu. Oleh karena itu, kerjakanlah dengan sepenuh hati. 
Memang jika dipikirkan terus menerus dan dibayangkan, skripsi itu sangat sulit. jika dianalogkan, skripsi itu seperti soal hitung-hitungan yang tidak bisa dibayangkan tapi dikerjakan (pengecualian bagi orang-orang yang jenius hehehe). Tetapi, sebenarnya jika sudah dijalani ternyata skripsi itu juga bisa diselesaikan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, insya Allah. Maka dari itu, jangan patah semangat ketika mengerjakan skripsi. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa untuk selalu diperlancar. Karena "tiada daya dan upaya selain dari pertolongan Allah". 
Semoga yang belum mengerjakan skripsi dan yang masih menggarap skripsi semoga dipermudah .aamiiin. semoga bermanfaat dan...... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar